Blogger news

--- Ya Allah jadikanlah cintamu tercurah padaku --- Jadikanlah kecintaan orang-orang yang mencintaimu adalah cintaku --- Jadikanlah segala tindakan dan amalku selalu mengantar kepada mencintaimu --- jadikanlah cintaku padamu melebihi segala hal dari diriku dan keluargaku ---

Jumat, 01 April 2011

Kajian Tafsir, 1 April 2011

Jumat, 1 April 2011 kembali Ust. Sumardi Herlambang hadir memberikan tafsir atas surat Al Imron ayat 4 pada anak kalimat kedua yang berarti
"sesungguhnya orang-orang yang kufur terhadap ayat-ayat Allah bagi mereka adzab yang sangat pedih (luar biasa)"

Kufur
Kata kufur berasal dari kata "kafara" berarti menutupi, di beberapa ayat Al Quran juga dipakai dalam makna menghalangi atau menghapus.
setiap manusia dilahirkan selalu dibekali dengan potensi (fitrah) yang menjadikan mereka percaya adanya Tuhan dan cenderung dekat kepadaNya serta meyakini bahwa Tuhan itu Esa. Jika seseoang percaya kepada dua, tiga Tuhan atau lebih maka sebenarnya ia bertentangan dengan fitrah dirinya.
Maka definisi orang kafir adalah orang-orang yang menutupi semua potensi yang menjadikan mereka percaya kepada Tuhan. bahkan jika mereka percaya kepada dua atau lebih Tuhan maka sesungguhnya mereka menutupi semua potensi yang menjadikan mereka percaya ke-Esa-an Tuhan.

Adzab
Adzab seringkali kita terjemahkan sebagai siksa. Tetapi dalam bahasa arab, adzab digambarkan sebagai rasa sakit luar biasa yang diakibatkan terkena lecutan ujung sebuah pecut (cemeti). ketika dipukul bagian tengah atau pangkal cemeti rasa sakitnya tidak akan seberapa tetapi jika terkena ujungnya maka sakitnya akan luar biasa.

Sadid
Sadid artinya luar biasa besarnya.

Sebelum melaksanakan sholat Jumat, ada baiknya jika anda mendengarkan uraian beliau disini atau disini



2 komentar:

Anonim mengatakan...

om.... saya ajisoko...

mau tanya... sampean domilisi dimana....
koq pinter amat.... :)

sab mengatakan...

penasaran sama ustad yaaaaaa??????

Posting Komentar