Blogger news

--- Ya Allah jadikanlah cintamu tercurah padaku --- Jadikanlah kecintaan orang-orang yang mencintaimu adalah cintaku --- Jadikanlah segala tindakan dan amalku selalu mengantar kepada mencintaimu --- jadikanlah cintaku padamu melebihi segala hal dari diriku dan keluargaku ---

Jumat, 18 Maret 2011

Kajian Tafsir, 18 Maret 2011

Tafsir Al-Khoyyum

اَلْقَيُّومُ

Dalam Al-Quran kata al-khoyyum disebut sebanyak 3 kali. Kata al-khoyyum berasal dari khawwama yang berarti tegak, lurus berdiri. kalau menyangkut benda maka benda itu terwujud secara sempurna, kalau menyangkut tindakan maka tindakan itu tindakan yang secara berkelanjutan dilakukan dan dilakukan dengan tingkat kesempurnaan yang tinggi, kalau menyangkut pribadi maka pribadi itu selalu dengan tekad kuatnya berusaha mewujudkan sesuatu dengan sesempurna mungkin dan tidak tergantung dengan pihak lain.
Dalam ayat ini Allah adalah al-khoyyum, Dia adalah yang mewujudkan segala sesuatu dengan sempurna dan tanpa melibatkan pihak lain. Ayat ini turun berkaitan dengan kunjungan para pendeta Kristen dari Najran ke Medinah berkaitan dengan pandangan teologi kristen mereka.

Kun Fa Yakun, Cermin Tabahnya Tuhan
Tuhan bekerja menciptakan segala sesuatu dengan Kun Fa Yakun. Kun berarti kehendak, iradat. Yakun berarti menjadi riil atau nyata. keduanya dihubungkan dengan Fa menunjukkan tertib, urut kalimat tetapi ada tenggang waktu diantaranya. Alquran mengilustrasikan Kun Fa Yakun dalam penciptaan manusia dan alam semesta. Dalam penciptaannya masih ada jeda waktu proses dan Tuhan dengan tabah mengawal proses tersebut.
Manusia menginginkan semua kehendaknya langsung jadi tanpa merasa tabah melalui proses yang panjang dan berat. Manusia harusnya sadar bahwa Tuhan saja tabah menanti proses penciptaan manusia dan Alam semesta.

Silahkan ikuti kajian berikut ini atau juga bisa disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar